ADVOKASI PENGUATAN KETAHANAN KELUARGA

Kepala Dinas Memberikan Sambutan Pembukaan

Kota Mataram,– Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2AKB), Drs. H. Imhal memberikan sambutan pembukaan acara Advokasi Penguatan Ketahanan Keluarga yang dilangsungkan pada 30s/d 31 Oktober 2018 di Hotel Grand Legi Mataram.

Ibu Dra. Lieska Prasetya, M.Sc selaku narasumber dalam acara tersebut menyampaikan beberapa isu diantaranya adalah isu gender dalam berbagai bidang pembangunan dan dimensi pemberdayan keluarga dalam perspektif gender. Menurutnya Kesetaraan gender berarti  perempuan dan laki-laki menikmati status dan memiliki kondisi yang sama untuk menggunakan hak-haknya dan kemampuannya secara penuh dalam berkontribusi pada pembangunan, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Dengan demikian, kesetaraan gender merupakan penilaian yang sama yang diberikan masyarakat atas kesamaan dan perbedaan antara perempuan dan laki-laki, dan atas berbagai peran yang mereka lakukan.

Dra. Lieska Prasetya, M.Sc selaku narasumber

Dalam kaitannya tentang penguatan ketahanan keluarga, penyetaraan gender menjadi hal yang penting karena apabila tidak akan menimbukan berbagai masalah yang berdampak negatif di berbagai aspek pembangunan, mulai dari Pendidikan,  kesehatan,ekonomi, sosial hingga pertahanan dan keamanan. Beberapa lembaga internasional melihat ketidaksetaraan gender memiliki hubungan yang kuat dengan kemiskinan, ketidaksetaraan akses pendidikan, layanan kesehatan, hingga akses keuangan. “Pendekatan keluarga dipilih untuk menguatkan ketahanan keluarga itu sendiri  dengan cara memberikan askses informasi, pendidikan, konseling dan perlindungan” imbuhnya.

Dokumentasi :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *