SEKDA KAB. LOTIM : DIPERLUKAN SEBUAH GERAKAN PERCEPATAN KLA

Selong – Lotim. Rabu, 21 November 2018, DP3AP2KB Provinsi NTB, Bidang Pemenuhan Hak Anak kembali melakukan rangkaian kegiatan Percepatan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten / Kota se-Nusa Tenggara Barat. Kali ini bertempat di Ruang Rapat Utama lantai 4 Kantor Bupati Lombok Timur. Kegiatan ini baru dilaksnakan 3 lokasi yakni, Lombok Tengah, Dompu dan kali ini Lombok Timur, tertundanya waktu pelaksanaan kegiatan advokasi ini disebabkan adanya musibah bencana gempa bumi di NTB yang baru saja terjadi pada bulan September tahun 2018 yang lalu.

Kegiatan advokasi dimulai pukul 08.30. Wita, diawali dengan laporan oleh kepala DP3AKB Kab. Lombok Timur, H. Suroto, S.KM, M.Kes, beliau menyampaikan beberapa program/kegiatan terkait perkembangan KLA di Lombok Timur.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Daerah Kab. Lombok Timur, Drs. H. Rohman Firly, MM, disampaikan bahwa KLA di Lotim telah dicanangkan sejak lama, dan saat ini langkah cepat dan strategis yang diperlukan yakni sebuah gerakan percepatan KLA dengan adanya komitmen yang sungguh-sungguh dari seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan dunia usaha. Dilihat dari Fungsi dan kewenangan pemerintah, hal penting dan utama saat ini yang perlu dilakukan adalah action (Aksi) dan koordinasi dengan instansi terkait. Dengan menjalankan aksi yang terarah dan koordinasi yang kuat dari seluruh stake holder terkait, maka KLA akan dapat segera diwujudkan di Lombok Timur.

Dengan membaca Basmallah, H. Rohman Firly selanjutnya membuka secara resmi kegiatan Advokasi Percepatan Perwujudan Kabupaten Layak Anak di Lombok Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang, 20 orang berasal dari OPD lingkup Pemkab. Lotim dan 10 orang berasal dari Lembaga Peduli Anak di Lotim.

Acara dilanjutkan dengan penyajian materi advokasi oleh Kepala Bappeda Kab. Lotim, yang diwakili oleh Kabid. Sosbud, Maryani, ST,. dengan menyampaikan perencanaan penganggaran percepatan pengembangan KLA di Kab. Lombok Timur.

Narasumber selanjutnya, Kadis DP3AP2KB Provinsi NTB, Drs. H. Imhal, menyampaikan materi advokasi dengan tema Strategi Percepatan Kab. Lombok Timur menuju Kab. Layak Anak. Disampaikan beliau bahwa program/indikator kegiatan KLA ini telah sejalan/sesuai dengan indikator komponen ketahanan keluarga dan Visi Misi Pemprov. NTB saat ini yakni Mewujudkan NTB yang gemilang”, melalui percepatan perwujudan masyarakat madani yang beriman dan berkarakter dengan prinsip dasar menghargai kemanusiaan, keberagaman dan kesetaraan gender yang proporsional.

Untuk sempurnanya kegiatan advokasi, kemudian dilakukan tanya jawab dari peserta kepada narasumber yang membahas permasalahan anak yang terjadi di Kabupaten Lombok Timur. Disimpulkan bahwa kebijakan dan strategi percepatan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Lombok Timur ditargetkan terwujud tahun 2021 melalui kegiatan percepatan aksi dan memaksimalkan koordinasi seluruh lembaga terkait, pemerintah, swasta, masyarakat dan dunia usaha yang ada di kab. Lotim. (l3opi).

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *