Bimbingan Teknis Pengembangan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) di Sekolah Ke Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Tengah

Bimbingan Teknis Pusat Informasi Konseling Remaja di SMAN 1 Taliwang dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2019, dihadiri oleh Kadis DP3AP2KB Provinsi NTB Drs. H. Imhal sekaligus menyampaikan arahannya mengenai isu yang berkembang saat ini terkait remaja sekolah. Kadis DP3AP2KB Provinsi NTB menekankan, agar apa yang menjadi tujuan Bimtek ini terealisasi yaitu menurunkan angka kekerasan terhadap siswa, stop perkawinan anak, mencegah penggunaan NAPZA dan antisipasi  HIV/AIDS. Kondisi saat ini sangat memprihatinkan dimana hampir 80% anak sekolah penyalahgunaan narkoba. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabid K3 (Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga) DP3AKB Kabupaten Sumbawa Barat Haerudin, SKM, M.Kes dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada provinsi ikut berupaya menekan kejadian-kejadian buruk bagi remaja sekolah di KSB. Kabid K3 menekankan bahwa kondisi remaja di KSB sudah mulai meningkat menjadi lebih baik, dimana angka perkelahian antar sekolah sudah tidak ada lagi, hanya saja penyalahgunaan narkoba masih tercatat hampir 5% dari jumlah seluruh siswa di KSB, inilah yang menjadi PR pemerintah terutama DP3AKB KSB.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah yang berlokasi di SMAN 1 Praya dengan jumah peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari; 20 orang dari SMAN 1 Praya (Guru BK, Pengurus PIK R dan perwakilan OSIS), 10 orang dari SMAN 4 Praya (Guru BK, Pengurus PIK R) dan 10 orang dari SMKN 1 Praya (Guru BK, Pengurus PIK R).

Narasumber pada kegiatan Pengembangan PIK R di sekolah ini ada 3 orang antara lain; Kadis DP3AP2KB Provinsi NTB Drs. H. Imhal dengan materi Upaya DP3AP2KB dalam meningkatkan Peranan PIK R di sekolah, Kadis DP3AKB Kabupaten Lombok Tengah dengan materi Manajemen Pengelolaan PIK R di Kabupaten Lombok Tengah dan Siti Muzakarah, SKM (Kasi Keluarga Sejahtera DP3AP2KB Provinsi NTB) dengan Materi Mengenal Remaja dan Permasalahan Reproduksinya.

Penyampaian materi  Kesehatan Reproduksi Remaja oleh Kasi Keluarga Sejahtera Siti Muzakarah, SKM

Berdasarkan data dari DP3AKB Kabupaten Lombok Tengah, sampai dengan bulan Maret 2019 jumlah PIK R di Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 62 kelompok, akan tetapi yang sudah mandiri atau kategori Tegar baru 1 (satu) kelompok yaitu PIK R SMAN 4 Mataram. Untuk itu diupayakan agar kelompok–kelompok PIK R yang sudah terbentuk untuk ditingkatkan pembinaannya agar meningkat kategorinya dari Tumbuh ke Tegak dengan meningkatkan kegiatan rutin seperti adanya kelas konseling remaja seperti penyuluhan NAFZA, Kesehatan Reproduksi Remaja dan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

Penutupan acara Pengembangan PIK R di SMAN 1 Praya yang dihadiri oleh Narasumber dan  siswa siswi peserta

“S  A L A M   G E N R E”

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *