JELANG PERINGATAN HARI IBU KE-91 DP3AP2KB MENGGELAR RAPAT DENGAN OPD DAN LEMBAGA TERKAIT

Mataram, 29 November 2019 – Rapat Persiapan Peringatan Hari Ibu ke 91 dilaksanakan di Aula Kantor DP3AP2KB Provinsi NTB, Rapat dibuka oleh Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB Ir. Andi Pramaria, M.Si, dihadiri pula oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB Ibu Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M.Sc.

Peringatan Hari Ibu (PHI) dilaksanakan pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya, merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. Tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur, telah dinyatakan semenjak Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kali pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa tersebut merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan kaum perempuan Indonesia dan senantiasa diperingati tiap tahunnya oleh bangsa Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan, dimanapun berada baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya. Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak. PHI diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan (agent of change).

Tema PHI ke-91 tahun 2019 ini adalah “Perempuan Berdaya” indonesia maju yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif dan lain-lain. kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, melibatan semua unsur masyarakat dan multistakholder sangat diperlukan, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan, dan pencapaian kesetaraan gender. He For She menjadi salah satu komitmen global yang harus digelorakan sampai akar rumput.

Adapun hasil dari rapat yang dihasilkan adalah :

  1. Diadakan gerak jalan “Keluarga Sehat dan Bahagia” yang akan diadakan secara serentak tanggal 8 Desember 2019 di seluruh Indonesia, di NTB bertempat di depan kantor Dinas Kominfotik Provinsi NTB, dirangkai dengan : Pemeriksaan Kesehatan dan Kampanye Anti Kekerasan.
  2. Ziarah Makam Pahlawan akan dilaksanakan tanggal 18 Desember 2019
  3. Acara Puncak PHI ke 91 dilaksanakan tanggal 19 Desember 2019
  4. Rencana Akan diberikan Penghargaan kepada Laki-Laki dan Perempuan yang aktif dalam bidang sosial saat acara puncak.
  5. Rencana Akan diadakan kegiatan Edu Aksi (mengajak ibu-ibu ikut serta berpartisipasi)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *