KLU siap wujudkan Kabupaten Layak Anak Tahun 2020

Lombok Utara, 3 Desember 2019Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi NTB melalui Bidang Pemenuhan Hak Anak dan didukung oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lombok Utara menyelenggarakan kegiatan advokasi dalam rangka percepatan perwujudan Kabupaten/Kota Layak Anak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan advokasi bertempat di Rumah Makan Ima Rasa, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Adapun kegiatan advokasi dipandu oleh MC, Tri Nuril Fitri, dengan pembaca do’a H.L. Muh. Sidik, dengan dihadiri oleh 30 orang peserta, yang berasal dari OPD dan lembaga pemerhati anak lingkup Kabupaten Lombok Utara.

Advokasi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Sosial P3A Kab. Lombok Utara, Zainuddin, S.Pd, beliau mengharapkan agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh peserta, serta koordinasi dan sinergitas dari seluruh pihak (pemerintah, lembaga maupun swasta) agar makin ditingkatkan untuk mewujudkan Kabupaten Lombok Utara Layak Anak tahun yang akan datang.

Materi pertama disampaikan oleh Kabid. Pemenuhan Hak Anak – DP3AP2KB Provinsi NTB yang menjelaskan tentang strategi percepatan menuju Kabupaten/Kota Layak Anak. Materi selanjutnya oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara, Drs. Suardi, MH, yang pada intinya, beliau memerintahkan kepada Kepala Dinas Sosial P3A dan OPD lain terkait untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk mewujudkan Kabupaten Lombok Utara Layak Anak Tahun 2020 yang akan datang. Sebagai pemateri pamungkas, disampaikan oleh Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi NTB, Ir. Andi Pramaria, M.Si. dalam paparannya, dijelaskan faktor-faktor kunci yang menentukan keberhasilan KLA, diantaranya yakni adanya kebijakan, dukungan politis dan komitmen dari para pengambil keputusan, adanya perencanaan penganggaran yang berpihak pada anak, kapasitas kelembagaan dan SDM yang memadai, adanya peran anak dalam proses pembangunan, serta kemitraan dengan seluruh pihak. Dari kegiatan advokasi ini, disimpulkan bahwa Sekda Lombok Utara beserta seluruh OPD terkait, dan lembaga pemerhati anak di Kabupaten Lombok Utara berkomitmen dan siap mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2020.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *