Peringati Hari Ibu, Siswa Diberi Edukasi PUP

Mataram (Suara NTB, 17/12/2019)

DP3AP2KB mengunjungi sejumlah sekolah SMA di Kota Mataram, Rabu pagi. Kunjungan ini sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu ke 91 di NTB. Salah satu sekolah yang beruntung dikunjungi ialah SMAN 7, SMKN 5 Mataram, SMAN 6 Mataram. Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengingatkan agar para siswa tidak menikah dini. Dia ingatkan agar siswa hendaknya menggantungkan cita cita setinggi langit. Lebih jauh dikatakan bahwa pernikahan itu adalah tanggungjawab seumur hidup. Untuk itu harus dipersiapkan secara mental, fisik. Umur siswa saat ini belum siap. Sehingga ketika melahirkan nanti bisa bermasalah. “Agak istimewa tahun ini mengunjungi sekolah sekolah memberikan materi penyuluhan,” kata Niken.

Lebih jauh upaya pendewasaan usia perkawinan (PUP) itu menjadi penting karena kita sedang hadapi banyak masalah. Banyak kasus pernikahan dini di NTB. Peran para pelajar sangat penting untuk menghentikan praktik ini. Dilanjutkan Niken, generasi muda saat ini kelak akan mewarisi kepemimpinan pada tahun tahun berikutnya. Untuk itu, tidak ada kata lain selain harus mempersiapkan diri sejak sekarang. Dimulai dengan menggantung kan cita dan mimpi dan rajin belajar. “Kalian akan menjadi tokoh. Artinya kalianlah yang akan mengisi posisi penting pada saat itu yang akan menjadi pemimpin. Untuk menjadi pemimpin yang baik gantungkan mimpimu setinggi langit. Kita harus punya cita cita yang tinggi. Semua dimulai hari ini,” ujarnya.

Kepala DP3AP2KB NTB Andi Pramaria, tahun 2045 atau 100 tahun Indonesia merdeka. Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana usia muda produktif yang paling banyak dibandingkan penduduk usia tua. “Bayangkan nanti kalau sudah 20 tahun mendatang yang akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia ialah anak anak muda saat ini,” jelasnya. Oleh sebab itu, dia berharap agar para pelajar mempersiapkan diri sejak sekarang. Caranya ialah giat belajar dan tidak menikah dini.

Sekdis DP3AP2KB NTB Hj. Elly Suryani, juga berharap adanya kunjungan ke sekolah sekolah dalam rangka hari ibu ini mampu memperluas cakupan sosialisasi PUP. Di samping juga mampu menambah wawasan para pelajar mengenai PUP. Lebih jauh dikatakan Elly, selain mengunjungi sekolah, di hari yang sama sebelum itu DP3AP2KB juga menggelar ziarah makam. Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah. Kegiatan ini juga diikuti ASN dan sejumlah organisasi wanita, diantaranya Legiun Veteran RI di NTB, Dharma Pertiwi, PKK Provinsi NTB, BKOW, PGRI NTB, IPEMI, IIDI dan organisasi lainnya.

Bertempat di Taman Makam Pahlawan Majeluk Mataram, Wakil Gubernur selaku pembina upacara bersama para peserta ziarah melakukan penghormatan sekaligus dirangkaikan dengan menabur bunga di makam para pahlawan. (dys).

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *