PENGEMBANGAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA DI SMAN 1 DOMPU

Gb. 1. Peserta siswa siswi perwakilan OSIS, Pengurus PIK R dari SMAN 1 Dompu, SMKN1 Hu’u dan MTs Manggalewa pada acara Pengembangan PIK R di Sekolah

Akhir-akhir ini marak isu bunuh diri (Suicide) di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu. Sampai dengan saat ini jumlah korban sebanyak 14 orang meninggal yang sebagian besar merupakan remaja putri umur 12-18 tahun (sudah tamat SMP dan sedang sekolah SMA). Dari hasil kunjungan lapangan oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Provinsi NTB oleh Joko dikatakan bahwa penyebab bunuh diri ada beberapa faktor antara lain; pola asuh yang salah dari orang tua, dimana orang tua membiarkan anak-anaknya untuk bergaul bebas, menggunakan gatget secara bebas, keluar rumah tanpa dipantau dan banyak lagi yang lainnya terkait dengan pola asuh atau parenting; sebagian besar korban merupakan anak yang orang tuanya bercerai sehingga tidak ada pendampingan/arahan yang bijak dari orang tua secara intensif; PIK R Sekolah Ramah Anak dan KLA belum berjalan secara optimal, masih sekedar deklarasi, membentuk dan belum implementasi pelaksanaannya di masyarakat. Sehingga perlu kiranya dilaksanakan penguatan PIK R di sekolah yang dipilih SMAN 1 Dompu, agar lokasinya lebih terpusat di kota dan sekolah-sekolah lain yang ikut lebih mudah menjangkau tempatnya.

Pengembangan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) di Sekolah dilaksanakan pada tanggal 12 April 2019 di SMAN 1 Dompu. Jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari 20 orang dari SMAN 1 Dompu (Guru BK, Pengurus PIK R, anggota OSIS), 5 orang dari SMKN 1 Hu’u (Pengurus PIK R dan anggota OSIS) dan 5 orang dari Madrasah Tsanawiyah Manggalewa (Guru BK, Pengurus PIK R dan anggota OSIS).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk peningkatan kapasitas Konselor Remaja PIK R di Sekolah agar keberadaan PIK R lebih optimal sebagai wadah siswa konseling seputar permasalahannya, peningkatan kemampuan berinteraksi antar siswa, sehingga siswa siswi di sekolah sehat secara mental.

Narasumber yang mengisi acara Pengembangan PIK R di SMAN 1 Dompu ada 3 (tiga) orang antara lain Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi NTB Drs. H. Imhal dengan materi Upaya Penanganan Kasus Bunuh Diri (Suicide) DP3AP2KB Provinsi NTB beserta OPD terkait dan mitra lainnya, narasumber kedua dr H. I Putu Diatmika, Biomed, SpKJ (dokter Psikiater RSJ Mutiara Sukma Provinsi NTB) dengan materi Kesehatan Jiwa Remaja dan narasumber ketiga Siti Muzakarah, SKM (Kasi Keluarga Sejahtera) menyampaikan Mengenal Remaja dan Permasalahannya dan Tehnik Konseling bagi Konselor Sebaya.

Gb. 2. Narasumber dari RSJ Mutiara Sukma Provinsi NTB dr H. I Putu Diatmika, Biomed, SpKJ menyampaikan materi Kesehatan Jiwa Remaja

Gb. 3. Curhatan siswa dari SMKN 1 Hu’u ke dokter Psikiater yang jadi narasumber

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *