SOSIALISASI PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DI KABUPATEN SUMBAWA DAN SUMBAWA BARAT

Sumbawa, 13 Agustus 2019 – telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi PUP di di Dusun Kanar Desa Labuhan Badas Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. bertempat di aula serba guna di Dusun Kanar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh UPT KB Desa, Camat Labuhan Badas, Kepala Bidang. Pemberdayaan Perempuan Kab. Sumbawa, Kepala Seksi Keluarga Sejahtera dan beberapa staf dari DP2KBP3A Kabupaten Sumbawa dan Tim dari Provinsi. Peserta Sosialisasi terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala dusun di desa tersebut, ibu-ibu dan beberapa remaja putri, peserta sosialisasi sebanyak 50 orang.

Pembicara pada kegiatan sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) terdiri dari DP3AP2KB Provinsi dengan materi tentang:  Kebijakan DP3AP2KB terkait PUP yang disampaikan oleh ibu Kurniati, S.Sos, perwakilan dari DP2KBP3A Kabupaten Sumbawa materi tentang :   Integrasi kegiatan pencegahan perkawianan anak di Kabupaten Sumbawa dan perwakilan dari kecamatan Labuhan Badas menyampaikan materi tentang Tantangan dan Solusi pelaksanaan PUP di Desa Labuhan Badas.

Di Desa Labuhan Badas masih terjadi pernikahan dibawah umur, hal ini terjadi karena faktor pendidikan orang tua yang masih rendah dan faktor pergaulan dari remajanya. Pihak Kecamatan sudah melakukakan beberapa hal untuk mencegah perkawinan dibawah umur antara lain: mengaktifkan majelis ta’lim, karang taruna, dan meberikan pelatihan keterampilan pada remaja dan rencana kedepan akan membentuk awiq-awiq atau Peraturan Desa mengenai PUP. Masyarakat bertekad untuk tidak menikahkan putra putrinya sebelum usia 21 tahun.

Narasumber DP3AP2KB Provinsi menyampaikan materi tentang:  Kebijakan DP3AP2KB terkait Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) yang disampaikan oleh ibu Novita Veranita, SKM, MPPH

Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di Kabupaten Sumbawa Barat dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 di Dusun Sedong Desa Kelanir Kecamatan seteluk bertempat diaula Dusun Sedong dan dihadiri oleh Kepala Desa Kelanir, UPT KB Desa Kelanir Kabid P4 DP2KBP3A Kab Sumbawa Barat beserta staf, Tim DP3AP2KB Provinsi NTB , dan pserta sosialisasi sebanyak 50 orang yang terdiri dari : Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ibu-Ibu dan masyarakat Lainnya.

Penduduk Desa Kelanir kebanyakan pendatang dari Pulau Lombok, mata pencaharian mereka rata-rata bertani/buruh tani Di Desa Kelanir juga masih terjadi perkawinan anak, hal ini disebabkan karena angka harapan sekolah yang masih rendah dan tradisi menikah muda. Kepala Desa berjanji akan membuat awiq-awiq desa agar tidak lagi terjadi pernikahan usia anak.

FOTO BERSAMA KEGIATAN SOSIALISASI PUP DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *