Kunjungan BKKBN NTB dalam rangka Rapat Koordinasi terkait Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK)

Pagi ini (10/06/2020), Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M.Si di dampingi Sekretaris DP3AP2KB Dwi Murtiningrum, SH dan Bidang PPKB menerima kunjungan BKKBN Provinsi NTB dalam rangka Rapat Koordinasi terkait Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK)

Menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2014 tentang Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) dan Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 178/DP3AP2KB/Tahun 2019 tentang Penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten/Kota serta menindaklanjuti Surat Edaram Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 943.4/2879/SJ tanggal 15 April 2020 tentang Intensifikasi Kampung Keluarga Berkualitas.

Adapun hasil rapat yang dihasilkan sebagai berikut :

GDPK merupakan arah kebijakan pembangunan kependudukan yang nantinya dijadikan pedoman dalam pelaksanaan program yang terkait dalam 5 strategi pilar pembangunan kependudukan antara lain :
1. Pengendalian Kuantitas Penduduk,
2. Peningkatan Kualitas Penduduk,
3. Pembangunan Keluarga,
4. Penataan Persebaran dan,
5. Pengarahan mobilitas penduduk dan penataan administrasi kependudukan.

Di Provinsi NTB GDPK sedang tahap proses penyusunan termasuk Kabupaten/Kota. Target tahun ini GDPK Provinsi NTB dan Kabupaten/Kota sudah rampung. Beberapa kegiatan dalam mendukung tersusunnya GDPK adalah pembentukan Tim Penyusun di Tingkat Provinsi dan pengajuan usulan kebutuhan anggaran melalui APBDP Tahun 2020.

Salah satu bentuk Implementasi dari GDPK dengan terbentuknya Kampung KB di seluruh Kabupaten/Kota. Dari 242 Kampung KB di seluruh NTB masing-masing Kabupaten/Kota harus memiliki 3 (tiga) Kampung KB dan akan dikembangkan menjadi percontohan “Rumah Dataku”.

#GDPK2020
#DP3AP2KBNTB
#BKKBNNTB
#NTBAMANDANBERKAH
#KABKOTALAYAKANAK

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *