Berita,  Bidang Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana,  DP3AP2KB NTB,  Pengumuman

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Tingkatkan Kualitas Remaja

Mataram (15-16/07/2020) – Workshop Peningkatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat bertempat di Hotel Inn Mataram.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Baraat, Drs. Sam’an, M.Si menegaskan perlunya percepatan pembangunan keluarga melalui peningkatan kualitas remaja yang salah satunya adalah remajamelalui PIK R.

“Peningkatan kualitas remaja akan melahirkan generasi berencana sebagai bekal mengarungi kehidupan berkeluarga”, ujar Sam’an. Berkeluarga harus direncanakan dengan baik agar tercipta keluarga yang bahagia.

Tampil pertama pada workshop tersebut Narasumber dari BKKBN Perwakilan Nusa Tenggara Barat, Drs. Syamsul Anam, MM. yang juga sebagai Kepala Bidang ADPIN. Tema yang dibawakan adalah : Implementasi Sistim Informasi Keluarga (SIGA), menurut Syamsul sistem informasi dapat berjalan jika didukung oleh data-data PIK R yang dikirim kabupaten/kota melalui Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang berada di masing-masing wilayah. Format yang digunakan adalah Format K-0 dan K-1. Data PIK R saat ini diragukan validitasnya karena tidak ada upaya verifikasi yang baik, kualitas data bisa dibilang simpang siur, angka-angka yang ada di atas kertas berbeda dengan kondisi riil di lapangan, sehingga ditekankan kepada PLKB untuk bekerja lebih cermat.

Narasumber lain, Hj. Nurhayati, Kepala Bidang KSPK membawakan tema “Hak Pelayanan Dasar bagi anak dapat terpenuhi melalui Bina Keluarga Balita (BKB) Holistik Integratif”. Menurut Hj. Nurhayati, kegiatan BKB integrasi dengan Posyandu dan PAUD. Hak pelayanan dasar seperti peningkatan kesehatan secara fisik, motorik dan pembentukan karakter dapat diperoleh dalam satu wadah yaitu BKB HI.
Kegiatan tersebut diikuti oleh instansi yang membidangi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di 10 kabupaten/kota se-NTB, termasuk Dinas P3AP2KB Provinsi Nusa Tenggara Barat.

#dp3ap2kbntb
#bkkbnntb
#ntbamandanberkah
#kabkotalayakanak
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *