Berita,  Bidang Pemenuhan Hak Anak,  DP3AP2KB NTB,  Pengumuman

Forum Anak NTB di era Pandemi Covid, Dari Pelopor dan Pelapor sampai Gang Ramah Anak

Mataram, (16/08/2020) – Forum Anak NTB berbagi pengalaman pada kegiatan sharing sessions kegiatan Lokakarya Advokasi Penulisan, penyusunan dokumen advokasi dan Cerita Perubahan KPAD Lombok Barat yang diselenggarakan oleh Plan Internasional.

Kehadiran Kak Ganefo, Kak Denis, Kak Dzaki dan Royanisa disambut hangat oleh audien saat memaparkan pengalaman lapangan terkait kegiatan Forum Anak Provinsi saat ini. Kegiatan Forum Anak meliputi kegiatan pokok yaitu peran Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor terhadap kasus-kasus kekerasan terhadap hak-hak anak, sampai dengan bagaimana menyikapi situasi di era Pandemi Covid 19 saat ini.
“Teman-teman sekalian hari ini kita kedatangan teman dari Forum Anak NTB yang diutus hadir oleh ibu Plh. DP3AP2KB NTB Bunda Dede yang berhalangan hadir,” sambut Budi Kurniawan selaku PM Internasional YID.

“Saya berharap teman-teman dari Forum Anak NTB bisa sharing pengalaman dengan kita tentang kegiatan Forum Anak yang sudah dilakukan agar kita bisa lakukan di Lombok Barat,” tambah Budi Kurniawan.
Selanjutnya saat sharing session tiba Kak Ganevo menuturkan project yang saat ini dikerjakan oleh Forum Anak NTB, yaitu pengembangan Gang Ramah Anak di Lingkungan Moncok Karya Mataram

“Kami baru saja pulang dari Gang Ramah Anak untuk melaksanakan kegiatan sepeda sehat, senam sehat bersama anak anak dan bermain permainan tradisional ,seperti gobag sodor, benteng dan congklak, “cerita Kak Ganefo penuh semangat.
Kegiatan tersebut sebagai salah satu opsi menyikapi Pandemi Covid 19 agar anak anak tidak mengalami kebosanan, dan menjadi kegiatan untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari bermain gawai. Tentunya kegiatan tersebut tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Pada kesempatan yang sama, kak Denis mengarapkan agar kegiatan serupa dapat dikembangkan dan dimodifikasi menjadi permainan yang lebih beragam untuk memberikan rasa kegembiraan pada anak-anak.

“Saya senang sekali jika PLAN Internasional mau bersinergi dengan Forum Anak untuk melakukan hal-hal yang positif demi membantu anak-anak mengisi hari-harinya yang saat ini terpasung oleh Pandemi Covid 19,” ungkap Kak Denis.

Diskusi lantas berkembang sampai pada Forum Anak Desa, dimana kegiatan Forum Anak dikembangkan untuk mewadahi agar suara anak dapat diwakili pada pertemuan musyawarah desa, sehingga kepentingan dan hak-hak anak dapat dipenuhi. Melalui Forum Anak dapat dilaksanakan berbagai kegiatan seperti peningkatan kapasitas Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor, dimana fokus kegiatan adalah pencegahan pernikahan usia anak, pengendalian tembakau dan perubahan iklim.

Kegiatan lain yang dapat dilaksanakan adalah pelatihan peningkatan kapasitas anak yang dikenal dengan Partisipasi Anak dalam Proses Pembangunan (PAPP) yang bertujuan mempersiapkan anak anak dalam mengikuti Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang), dimana mereka tidak hanya hadir tapi juga bisa menyuarakan aspirasi mereka.

Kegiatan sharing session yang dikemas dalam bentuk Lokakaryan mini tersebut diselenggarakan selama satu (1) hari di Hotel Lombok Astoria Mataram atas inisiasi oleh PLAN Internasional wilayah NTB.

#dp3ap2kbntb
#forumanakntb
#ntbamandanberkah
#kabkotalayakanak
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *