Berita,  DP3AP2KB NTB,  Pengumuman,  Sekretariat

Kepala Dinas P3AP2KB Audiensi dengan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia

Mataram (25/08/2020) – Sehari setelah dilantik memegang amanah Kepala Dinas P3AP2KB, Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM. menerima audiensi Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia yang melakukan kegiatan pemantauan Hak Perempuan Disabilitas dalam merespon “list of issued Komite CEDAW oleh PBB” .

Sri Sukarni Perwakilan HWDI Provinsi yang memimpin rombongan menyatakan terimakasihnya atas penerimaannya karena bisa bersilaturahmi untuk berkoordinasi demi kerjasama yang baik dalam membantu para penyandang disabilitas, khususnya disabilitas di kalangan wanita yang terhimpun dalam HWDI cabang Nusa Tenggara Barat.

Dikutip dari Jurnal Perempuan untuk pencerahan dan kesetaraan, CEDAW adalah sebuah Komite PBB yang berkomitmen untuk menghapus segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang mendeklarasikan komitmen sejak tahun 1984. CEDAW merekomendasikan penanganan terhadap 1) Peraturan Perundangan yang diskriminatif terhadap perempuan, 2). Praktek Sunat Perempuan, 3) Perkawinan Anak.

Kabid PHA, Ir. Dede Suhatini, M.Si. yang turut mendampingi kadis melaporkan bahwa Dinas P3AP2KB belum optimal dalam melakukan intervensi program khususnya sasaran penyandang disabilitas karena keterbatasan sumberdaya, yang bisa dilakukan adalah kerjasama dengan berbagai lembaga seperti LPA, Lakpesdam NU, Plan Internasional, Save The Children dlll.

Dalam sesi Tanya jawab tersebut HWDI mengungkapkan bahwa terdapat 200 perempuan dan anak penyandang disabilitas yang mereka catat by name by addres, data tersebut diambil dari lapangan selama mereka menjangkau dan mendampingi sasaran.

“Saat ini ada 3 daerah di NTB yang sudah mempunyai perwakilan HWDI yaitu Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah, khusus Pemerintah Kota Mataram dan Lombok Barat telah memberikan dukungan berupa kebijakan dan anggaran,” ungkap Sri Sukarni.

Menanggapi data tersebut, Bunda Eny sapaan akrab Kadis P3AP2KB menimpali “ HWDI harus berkoordinasi dengan Dinas Sosial yang juga punya data kasus kekerasan, termasuk didalamnya penyandang disabilitas agar ada integrasi program dan kegiatan penanganan kasus,” pungkasnya.

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#kabkotalayakanak
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *