Berita,  DP3AP2KB NTB,  Sekretariat

Analisa Jabatan Menyediakan Informasi Jabatan dan Manajemen Kepegawaian

Mataram (27/08/2020) – Aparat Sipil Negara (ASN) diangkat dalam 3 jenis jabatan yaitu struktural, fungsional khusus dan fungsional umum.
Perbedaan ketiga-nya adalah, struktural lebih banyak mengurusi aspek managerial, fungsional khusus bekerja secara teknis dengan berpedoman pada angka kredit, sedangkan fungsional tidak berdasarkan pedoman angka kredit.

Kepala Dinas DP3AP2KB, Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM. dalam sambutannya menekankan sikap profesional yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan dan pegawai. ASN harus menguasai pekerjaannya sehingga dapat bekerja dengan baik.

“Pimpinan harus paham situasi lingkungan kerja dan kondisi bawahan sehingga mampu membina anak buahnya, namun dalam memberikan teguran hendaknya diberikan secara tertutup jangan sampai diketahui oleh yang lain,” ujar Bunda Eny.

“Sikap pimpinan dalam membina anak buah penting dikuasai untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang kondusif,” lanjutnya.
Kehadiran Narasumber dari BPSDM dan Biro Organisasi Setda Provinsi NTB diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pimpinan di Dinas P3AP2KB dalam penguasaan tugas dan fungsinya, demikian harapan Kepala Dinas.

Widyaiswara BPSDM Gusti Lanang Rakayoga yang hadir menjadi Narasumber memaparkan fungsi pemetaan jabatan di suatu instansi untuk menghitung beban kerja sehingga dapat bekerja secara efektif dan efisien.

“Analisis Jabatan adalah Proses pengumpulan data jabatan untuk dianalisis, disusun, dan disajikan menjadi informasi jabatan dengan menggunakan metode tertentu, “papar Gusti Lanang.

Menurut Gusti Lanang, tujuan dilaksanakannya penyusunan analisa jabatan untuk menyediakan informasi jabatan sebagai dasar bagi program manajemen kepegawaian, kelembagaan, ketatalaksanaan dan pengawasan aparat sipil Negara.(ddt.dp3p2kb).

#berjarak
#lawancovid19
#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#kabkotalayakanak
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *