Berita,  Bidang Kesetaraan Gender & Kualitas Keluarga,  DP3AP2KB NTB

DINAMIKA KESEHATAN MENTAL KELUARGA DI MASA PANDEMI

Covid-19 adalah pandemi wabah virus yang kini dihadapi oleh dunia termasuk Indonesia. Kekhawatiran dunia terhadap virus ini diakibatkan karena penyebarannya yang begitu cepat dan gejalanya lumayan sulit diprediksi dengan banyaknya jumlah korban menambah kecemasan masyarakat di seluruh belahan bumi. Tidak hanya menimbulkan permasalahan kesehatan akibat dari bencana non alam ini , namun juga masalah ekonomi, kesehatan mental dan masalah social juga turut serta dihadapi oleh masyarakat saat ini.

Terkait dengan kesehatan mental keluarga di masa pandemi ini, Kementerian PPPA menyelenggarakan Webinar tentang “Dinamika Kesehatan Mental Keluarga di Masa Pandemi” dengan peserta PUSPA, Dinas PPPA dan Forum Anak Nasional. (26/08/2020).

Keynote speaker pada webinar ini adalah Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Bapak Indra Gunawan mengatakan “kondisi keluarga di tengah
pandemi KDRT cenderung meningkat, finansial cenderung menurun, kebiasaan baru seperti WFH, SFH, kegiatan harian, sanitasi, peranan, perubahan pola interaksi dan komunikasi, dan Kesehatan mental seperti Kondisi psikologis khususnya respon emosional yang lebih intens”.
“Oleh sebab itu untuk membangun ketahanan keluarga maka peran masing-masing anggota keluarga sangat menentukan, dengan orang tua sebagai factor kunci yaitu memegang peranan penting dengan membangun relasi sehat dengan Pasangan, Kelola Kesehatan psikis dan fisik diri sendiri

(regulasi diri), Menerapkan pengasuhan sehat dan Mengakses bantuan/dukungan”. jelasnya.
Narasumber Tunggal Pawestri dari Penggiat Isu Perempuan dan Konsultan Gender menyampaikan bahwa “ada beberapa tips menghadapi Normal Baru yaitu : 1) menyesuaikan dengan Rutinitas Baru; 2) Ikuti Protokol Kesehatan; 3) Latih Mindfulness; 4) Memanaje Emosi dengan mengenali emosi dan menerima emosi; 5) anggap hidup sebagai narasi, ada kisah sedih, berduka, senang, dsb; dan 6) Standar disesuaikan”. pungkasnya. (-nng-)

#kpppari
#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#kabkotalayakanak
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *