Berita,  DP3AP2KB NTB,  Sekretariat

Desa Siaga Aktif, Hak Kesehatan Anak Terpenuhi

Mataram (10/09/2020) — Dinas Kesehatan Provinsi NTB siap untuk mengaktifkan kembali program Desa Siaga dimasa pandemi Covid 19. Seperti diketahui selama ini kegiatan desa Siaga terbukti dapat menekan kasus kematian ibu dan kematian bayi, seperti di Kabupaten Sumbawa Barat yang dulunya masih ditemukan kasus kematian ibu dan kematian bayi sekarang tidak ada lagi alias bebas kematian bayi, itu karena keberadaan Desa Siaga Aktif.

Menimbang pentingnya fungsi Desa Siaga Aktif sebagai sarana pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita, maka Dinas Kesehatan mengundang OPD terkait untuk membahas pengembangan Desa Siaga Aktif di masa pandemic Covid 19.

“Kita coba mengaktifkan 25 Desa Siaga di 10 kab/kota sebagai tahap awal pengembangan, “ungkap Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB Ida Ayu Kartini Tiyasa, S.Sos. membuka acara tersebut di Hotel Lombok Plaza (10/09/2020).

Menurut Dayu Kartini, Dinas Kesehatan perlu melakukan sinkronisasi program dengan OPD terkait lingkup provinsi seperti DP3AP2KB, BKKBN, Bappeda, Ketahanan Pangan, TP PKK agar 25 Desa Siaga yang akan diaktifkan dapat didukung oleh program-program dari OPD lain yang berbasis desa.

DP3AP2KB yang diwakili oleh Siti Muzakarah, SKM. mengusulkan agar 4 desa Ketahanan Keluarga yang dikembangkan oleh DP3AP2KB sebagai desa percontohan dapat disinergikan dengan Desa Siaga dan masuk dalam 25 Desa Siaga yang akan diaktifkan kembali.

Program unggulan Revitalisasi Posyandu yang menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi NTB menjadi salah satu program yang menjadi prioritas. Posyandu di Desa Siaga harus menjadi Posyandu Keluarga, begitu juga dengan OPD lain yang mengusulkan desa binaannya masuk dalam Desa Siaga harus membentuk Posyandu Keluarga agar pelayanan kesehatan dasar secara menyeluruh dapat diperoleh dalam satu wadah yaitu posyandu sehingga target untuk menurunkan AKI dan AKB, Stunting maupun penyakit lainnya dapat tercapai.

Banyak lagi program2 berbasis masyarakat yang menjadi dasar pemilihan desa untuk Desa Siiagayg akan diaktifkan, misalanya Kampung KB BKKBN, Kampung Sehat dari kepolisian, Desa Siaga Bencana.(ddt.dp3ap2kb).

#dp3ap2kb
#ntbamandanberkah
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *