SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI NTB.   JADILAH PELOPOR YANG MEMUTUS MATA RANTAI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK SEKARANG JUGA
Berita,  Bidang Perlindungan Anak (PA},  DP3AP2KB NTB

Musrenbangdes Khusus Anak menampung Aspirasi Anak dalam Pembangunan

Lombok Utara (12/09/2020)—Desa Tegal Maja Kecamatan Tanjung Lombok Utara melaksanakan Musrenbangdes khusus anak. Kegiatan tersebut dihelat untuk menyalurkan aspirasi anak yang merupakan sarana partisipasi anak dalam pembangunan, mengingat anak adalah aset bangsa dan sebagai generasi penerus bangsa harus diperhatikan, dilindungi dan dipenuhi kebutuhannya. Upaya tersebut sesuai dengan bunyi pasal 28b Undang-Undang Dasar 1945 yang mengamanatkan setiap anak memiliki hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Kegiatan tersebut disambut positif oleh Kepala Desa Tegal Maja Boby Rahman yang mendampingi Tim Lembag Perlindungan Anak(LPA) dan Dinas P3AP2KB dalam kegiatan tersebut.

“Kami cukup menyadari bahwa punya tanggung jawab besar pada kebutuhan anak di desa Tegal Maja, kami harus mengakomodir sesuai dengan suara anak yang diusulkan dalam musrenbangdes anak ini,” ucap Roby Rahman.

Sebagai informasi Desa Tegal Maja terdiri dari 11 dusun dengan jumlah penduduk 6.6700 jiwa dimana 33% warganya adalah anak-anak, inilah yang mendorong Kepala desa untuk member perhatian khusus pada anak-anak.

“Saya akan mengusahakan sebuah sekretariat sebagai pusat kegiatan anak-anak sekaligus sebagai tempat menampung aspirasi anak-anak, dimana disitu akan dilengkapi dengan peralatan computer dan juga wifi untuk mendukung program belajar dari jauh dimasa pandemi Covid 19 ini,” janji Roby Rahman.

Senada dengan kepala desa Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga turut memberikan dukungan dan kepedulian terhadap anak-anak karena sadar bahwa anak-anak adalah generasi penerus bangsa.

“APBDes kita upayakan untuk kegiatan perlindungan anak, namun kita juga harapkan dukungan dari semua instansi terkait untuk membantunya, untuk anak-anak ayo suarakan aspirasi kalian jangan takut kalo ada ruang pasti akan kami tampung,”ujar Ketua BPD.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi penyampaian aspirasi anak-anak dengan fasilitasi dari Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan Musrenbangdes khusus anak-anak tersebut termasuk dalam rangkaian kegiatan yang difasilitasi oleh LPA di 10 desa di Kabupaten Lombok Utara, dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Penyusunan Rencana Aksi Program Perlindungan Anak di desa.(ddt.dp3ap2kb)

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#ntbgemilang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *