SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI NTB.   JADILAH PELOPOR YANG MEMUTUS MATA RANTAI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK SEKARANG JUGA
Berita,  Bidang Kesetaraan Gender & Kualitas Keluarga,  DP3AP2KB NTB

“Pengarusutamaan Gender Sebagai Upaya Meningkatkan Peran Perempuan dan Anak”

Pada Rapat Terbatas Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB dengan Bidang Kesetaraan Gender Dan Kualitas Keluarga (KGKK) yang dilaksanakan pada hari Jum’at Tanggal 11 September 2020, Kepala Bidang KGKK Dra. Nunung Triningsih melaporkan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 yaitu Rapat Koordinasi Pokja PUG, Rapat Koordinasi Driver PUG, Pendampingan Perangkat Daerah terkait PPRG, Rapat Koordinasi Tim Pembina Ketahanan Keluarga, Pendataan Ketahanan Keluarga dan Monitoring Evaluasi Desa Model serta Peringatan Hari Ibu (PHI).

Mendengar paparan Kabid KGKK, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi NTB Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM mengapresiasi semangat kerja staf DP3AP2KB Provinsi NTB.

“saya sangat mengapresiasi semangat kerja teman-teman di DP3AP2KB Provinsi NTB meski di saat pandemi Covid 19 namun tetap semangat melaksanakan pekerjaannya”, ungkap perempuan yang akrab disapa Bunda Eny.

Lebih Lanjut Bunda Eny mengintruksikan untuk segera Melakukan Evaluasi terhadap pelaksanaan Renaksi 4 Desa Model dan Meningkatkan Koordinasi dengan perangkat daerah terkait managemen usaha bagi perempuan serta penyusunan data gender dan anak.

“Jangan pernah bermain-main dengan data, Salah data maka salah pula perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan, karena itu data harus up to date, relevan dan obyektif”, dengan tegas bunda Enny mengingatkan bidang KGKK.

Bunda Enny juga menerangkan bahwa segala bentuk persoalan perempuan dan anak akan dapat diatasi jika semua Perangkat Daerah menerapkan Perencanaan Dan Penganggaran Responsif Gender sesuai bidang tugas fungsinya masing-masing. Oleh karenanya, beliau juga mengintruksikan Bidang KGKK untuk terus mengawal dan mendampingi Perangkat Daerah terkait Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Untuk penjelasan yang lebih rinci disampaikan oleh masing-masing kepala seksi, Kasi Pendidikan, Kesehatan Dan Pembangunan Keluarga Sapta Wijaya, SKM menyampaikan bahwa Pendataan Ketahanan Keluarga Tahun 2020 akan dilakukan di 2 (Dua) Desa Replikasi di Provinsi NTB yaitu Desa Lenek Duren dan Desa Lenek Kali Bambang Kabupaten Lombok Timur. Sebelumnya pada Tahun 2019 dilakukan Pendataan Ketahanan Keluarga di 4 Desa model Kemen PPPA 2 di Kabupaten Lombok Timur yaitu Desa Pandanwangi dan Desa Kembang Kerang Daye. Pada waktu dekat ini akan dilakukan persiapan pelaksanaan pendataan Ketahanan Keluarga melalui Focus Group Discusion (FGD) dengan para Motekar di Kantor Camat Lenek Kabupaten Lombok Timur.

Kasi Ekonomi Hikayat S. Sos memaparkan bahwa dalam rangka pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, mengingat bahwa pada tahun 2020 terjadi refocusing maka akan dilakukan koordinasi terkait managemen usaha bagi perempuan dengan Perangkat Daerah terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.
Sedangkan terkait Data Profil Gender, Kepala Seksi Polkumhankam, lingkungan, Data dan Informasi Baiq Afifah S. PdI menyampaikan rencana kegiatannya yaitu penyusunan profil gender dan anak serta Peringatan Hari Ibu (PHI), Kepanitiaan dan TOR Peringatan Hari Ibu pada bulan Oktober 2020, Lapor Baiq Afifah.(nng2020)

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#ketehanandankesejahteraankeluarga
#ntbgemilang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *