Berita,  Bidang Perlindungan Hak Perempuan,  DP3AP2KB NTB

Peran Perempuan Dalam Menentukan Pengambilan Keputusan di Desa.

Mataram, (30/09/2020)—Peran penting perempuan dalam pembangunan desa menjadi salah satu tema Webinar Hasil Kajian Aksi Kolektif Perempuan dan UU Desa yang diselenggarakan oleh Bappenas dan MAMPU (Kemitraan Australia Indonesia Untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan).

Dampak Pandemi Covid 19 dirasakan hingga ke desa, sehingga mempengaruhi program dan kegiatan pembangunan masyarakat desa. Salah satu pemberdayaan desa yang terdampak adalah pemberdayaan perempuan dan anak. Selain itu, peluang dan tantangan serta peran perempuan dalam perubahan di desa juga menjadi tema dalam webinar tersebut.

Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga Bappenas Woro Srihastuti Sulistyaningrum, ST, MIDS mengusulkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mendorong peran perempuan di desa. Dengan adanya peran perempuan dalam pembangunan desa diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih luas. Beliau menambahkan perlunya disusun sistem yang terstruktur untuk pemberdayaan perempuan.

Dr. Rachael Diprose dari University Of Melbourne mengupas tentang pengaruh kelompok perempuan secara formal dan informal dalam mempengaruhi keputusan di desa yang membawa manfaat bagi perempuan dan kelompok rentan lainnya. Disebutkan bahwa investigasi lanjutan diperlukan untuk melacak bagaimana kelompok perempuan berproses dalam menyuarakan aspirasi di pertemuan-pertemuan desa, bagaimana pengaruh perempuan dalam pengambilan keputusan dan manfaat bagi perempuan di desa.

Hasil kajian diharapkan dapat dimanfaatkan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas tata kelola di desa yang mendukung peningkatan pengaruh perempuan dan mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam inplementasi UU Desa.(ayu.dp3ap2kb)
Program MAMPU menyasar perempuan miskin dan organisasi perempuan di akar rumput yang difokuskan pada perlindungan sosial, perbaikan kondisi kerja, perlindungan buruh migran, peningkatan kesehatan dan gizi perempuan serta pengurangan kekerasan terhadap perempuan.

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *