Berita,  DP3AP2KB NTB,  Sekretariat

PAUD HI Wujudkan Hak Anak menuju Generasi Emas NTB

Mataram, (14/10/20) – Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integralistik (PAUD HI) mempunyai 5 layanan dasar yakni kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan, ke 5 layanan tersebut merupakan hak generasi muda (anak) yang tercantum dalam Konvensi Hak Anak, dan juga diakomodir oleh UU Nomor 35 tentang Perlindungan anak. Jika ke 5 hak tersebut dapat diimplementasikan dengan baik, niscaya dapat menciptakan “Generasi Emas NTB yang Gemilang”.

Demikian pesan yang dipetik dari Rapat Koordinasi PAUD HI tingkat Provinsi yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimasyah, SE. M.Sc.

“Semua orang harus memahami bahwa investasi terbaik adalah pendidikan, termasuk pada Pendidikan Anak Usia Dini,”ujar Bunda Niken dihadapan peserta rakor di Hotel Aston Inn.

“Ketika anak-anak sedang bertumbuh, maka disaat itulah kita berikan stimulus yang terbaik bagi anak anak PAUD,” lanjutnya.
Selanjutnya dikatakan Bunda Niken bahwa upaya meningkatkan Pelayanan PAUD yang Berkualitas dapat dilakukan melaui pokja Bunda PAUD dan gugus tugas PAUD HI. Selain peran pemerintah, diharapkan juga peran stakeholder lain termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai instansi Pembina PAUD HI.

“Allhamdulillah atas dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kami membentuk pokja Bunda PAUD dan sudah diterbitkan SK Gubernur sebagai landasan kerja,”tutup Bunda Nikes.

Pemerintah Provinsi NTB melalui Bappeda telah melakukan sinkronisasi RPJMD dengan mengakomodir PAUD HI sebagai salah satu program prioritas pembangunan NTB. Sebagai landasan bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota juga telah terbit Peraturan Gubernur Nomor 23 tahun 2013 tentang PAUD HI. Hasil evaluasi, terdapat 4 kabupaten/kota yang telah telah memiliki Peraturan Bupati tentang PAUD HI, yaitu Kabupaten Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa dan Kota Bima. Dengan adanya program PAUD HI, diharapkan pelaksanaan misi ke 3 NTB Gemilang yaitu NTB Sehat dan Cerdas dapat berjalan dengan baik.

Sementara Suprihatin Sugianto Panitia Penyelenggara rakor PAUD HI menjelaskan, tujuan rakor adalah untuk meningkatkan kerjasama para pemangku kepentingan mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, sampai desa/kelurhan. Kerjasama sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan sumber daya manusia sejak usia dini melalui PAUD yang berkualitas.

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *