Berita,  Bidang Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana,  DP3AP2KB NTB

Desa Kembang Kerang Daye Berkomitmen Melaksanakan Perdes Pencegahan Perkawinan Anak

Selong (19/11/2020) – Masyarakat Desa Kembang Kerang Daye Kabupaten Lombok Timur berkomitmen bersama untuk melaksanakan Peraturan Desa tentang Pencegahan Perkawinan yang telah disahkan oleh Kepala Desa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi dan pemahaman yang baik kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut dibuat komitmen bersama antara aparat desa dan masyarakat untuk melaksanakan isi Perdes yaitu:1) Anak remaja membuat pernyataan untuk tidak menikah sebelum menyelesaikan pendidikannya; 2) Orang tua membuat pernyataan tidak menikahkan anaknya sebelum mencapai umur ideal untuk menikah 21 tahun; 3) Masyarakat tidak menggerakkan massa apabila ada anaknya yg mau menikah di bawah umur 19 dan kepala dusun menolak untuk memberikan persetujuan pernikahan dibawah tangan.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) sebagai instansi yang bertanggung jawab terhadap masalah ini memfasilitasi kepada desa-desa dengan kasus perkawinan anak yang tinggi, disamping juga ada komiten yang baik dari aparat desa untuk menuntaskannya.

Misi yang diemban DP3AP2KB sebenarnya adalah edukasi kepada masyarakat tentang Undang Undang Nomor 16 tahun 2019 tentang Perkawinan. UU
Tersebut mengamanatkan batas usia kawin bagi perempuan dan laki-laki adalah sama yaitu 19 tahun. Amanat ini yang harus diperjuangkan bersama jangan sampai hanya alasan ekonomi dan sosial kita malah menjerusmuskan masa depan anak-anak.

Kini giliran Desa Kembang Kerang Daye Kabupaten Lombok Timur disambangi oleh Tim Provinsi bersama dengan Dinas P3AP2KB untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Sebagai informasi, kegiatan ini dihasilitasi Dinas P3AP2KB Provinsi NTB dengan dihadiri secara langsung oleh Kepala Desa, Kepala Dusun, TOGA, TOMA, Kader Desa, Kader Posyandu dan masyarakat desa.(ppkb.dp3ap2kb)

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *