Berita,  Bidang Perlindungan Hak Perempuan,  DP3AP2KB NTB

Pergub SOP dan SPM Bidang Layanan Terpadu menjamin layanan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Mataram (20/11/2020) — Untuk menjamin pelayanan yang komprehensif bagi perempuan dan anak NTB, perlu ditetapkan dengan Peraturan Gubernur sebagai payung hukum.

Standar Pelayanan Minimal yang selanjutnya disebut SPM adalah tolok ukur kinerja pelayanan unit pelayanan terpadu dalam memberikan pelayanan penanganan laporan/pengaduan, pelayanan kesehatan, rehabilitasi sosial, penegakan dan bantuan hukum, serta pemulangan dan reintegrasi sosial bagi perempuan dan anak korban kekerasan. Sedangkan SOP layanan meliputi prosedur kerja, akuntabilitas, sarana dan prasara, transparansi dan pengelolaan SDM.

Nantinya SOP dan SPM sebagai pedoman dalam melaksanakan perencanaan pelaksanaan pengendalian pertanggung jawaban dan pengawasan dalam penyelenggraraan pelayanan dan penanganan khususnya korban tindakan kekerasan.

Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi NTB mengungkapkan hal tersebut ketika memberi arahan pada FGD Pembahasan Draf Peraturan Gubernur tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Prosedur Minimal (SPM) UPTD PPA yang bertempat di Aula kantor DP3AP2KB.

“Prinsipnya layanan terpadu harus mengutamakan kepentingan terbaik bagi korban yaitu perempuan dan anak, dan Itu harus dituangkan dalam pasal dan ayat dalam Peraturan Gubernur yang akan buat,” ujar Bunda Eny.

Mendukung kepala dinas, Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan Hj. Erni Suryani, S Sos, MM, berharap bisa mengoptimalkan fungsi UPTD PPA sebagai sarana terpadu dalam memberikan layanan
penanganan kekerasan perempuan dan anak.

“untuk maksud tersebut, kita perlu mendapatkan masukan dan sumbangan pemikiran dari para mitra penggiat perempuan dan anak karena mereka terlibat langsung dilapangan,”jelas Bunda Erny.
Sebagai informasi, FGD tersebut dihadiri oleh OPD, NGO, Akademisi dan pejabat lingkup DP3AP2KB Provinsi.(desi.dp2ap2kb)

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#kotalayakanak
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *