Berita,  DP3AP2KB NTB,  Sekretariat

Pergub Nomor 63 Tahun 2020 Siapkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB)

Mataram (03/12/2020) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat Ir. IBG. Sugiharta, MT. memberi pesan kepada peserta sosialisasi Pergub nomor 63 tahun 2020 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk tidak khawatir menghadapi bencana karena NTB termasuk daerah rawan bencana.

“Yang harus dilakukan adalah edukasi kepada masyarakat dan lingkungan sekolah tentang pra, tanggap darurat dan pasca bencana,”pesan Kepala BPBD mewakili Sekda NTB di acara tersebut.

“Upaya edukasi ini harus dipahami untuk mengurangi resiko bencana di sekolah, terutama di sekolah yang mempunyai resiko tinggi seperti yang sudah dipetakan oleh aplikasi SPAB NTB,”lanjutnya.

Selanjutnya dikatakan Sugiharta, bahwa tool berupa peraturan gubernur dibuat untuk mengatur secara teknis penyelenggaraan di lapangan. Struktur bangunan sekolah harus mengikuti ketentuan aman bencana seperti posisi pintu sekolah harus menghadap keluar untuk mempermudah evakuasi. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga bisa mensosialisasikan esensi Pergub no 63 tahun 2020 dengan bahasa lebih mudah dipahami seperti infografis.

Plan Internasional Indonesia wilayah NTB yang diwakili oleh Maulina Utaminingsih mengajak masyarakat dan Sekolah untuk mengenali dan menyiapkan resiko bencana di NTB. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan lounching aplikasi SPAB sekaligus closing project tahun 2020.

“Plan International mengerjakan proyek sejak bulan Oktober 2020 dengan sasaran pada 10 sekolah di Kabupaten Lombok Barat sebagai sekolah percontohan SPAB yang akan menjadi rujukan program sekolah aman bencana,”ujar Maulina.

Kegiatan yang dilaksanakan mencakupl 3 pilar yaitu 1. Fasilitas sekolah aman bencana; 2 Manajemen resiko bencana; 3 Pendidikan pencegahan pengurangan resiko bencana. Sedangkan jenis kegiatan di lapangan adalah pengadaan tas kit aman bencana, pelatihan 21 fasilitator SPAB.(ddt.dp3ap2kb)

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *