SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI NTB.   JADILAH PELOPOR YANG MEMUTUS MATA RANTAI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK SEKARANG JUGA
Berita,  DP3AP2KB NTB,  Sekretariat

Membangun Keluarga untuk Menciptakan Masyarakat yang Kuat

Senggigi, (24/11/2020) — Keluarga adalah kesatuan sosial terpenting dalam kehidupan bermasyarakat, karena di keluarga berlangsung proses tumbuh kembang setiap individu, baik secara fisik, mental maupun sosial. Oleh karena itu keluarga juga dikatakan sebagai lembaga primer dan fundamental untuk menciptakan masyarakat dan negara yang kuat dan tangguh.

“Pembangunan kualitas hidup manusia harus terus dilakukan dalam rangka mencapai kehidupan yang lebih baik,”ungkap Asisten III Setda NTB Dr. H.Lalu Syafi’i, MM. saat membuka acara Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

“Keluarga memegang peranan penting dalam membentuk perempuan yang tanggung dan mandiri dalam mengatasi segala masalah di masyarakat baik ekonomi, sosial dan lainnya,”tambah Syafi’i.

Selanjutnya disampaikan bahwa dari rapat ini dapat disepakati bentuk kegiatan yang yang dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga, anak dan perempuan.

Menanggapi Asisten III, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi NTB Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM. siap mewujudkannya dalam bentuk program dan kegiatan sesuai dengan Misi Pemerintah Provinsi yaitu Misi 3 dan 6 NTB Gemilang.

“Masalah yang sedang booming saat Pandemi Covid 19 adalah perkawinan anak dan kekerasan terhadap perempuan dan anak, saya menghimbau kepada para kadis kab/kota yang hadir agar selalu meng up date data kekerasan perempuan dan anak dalam aplikasi Simfoni agar kita bisa memantau kasus dengan baik,”pesan Bunda Eny.

“Upaya pencegahan harus terus disosialisasikan seperti pendewasaan usia perkawinan untuk mencegah terjadinya perkawinan anak,”tambah Bunda Eny.

Bunda Eny menyambut baik adanya Peraturan daerah/Peraturan Bupati tentang Perlindungan Perempuan dan Anak di daerah, namun yang lebih penting adalah implementasinya di lapangan.

Beberapa rekomendasi yang dihasilkan dalam rapat koordinasi tersebut adalah:
1. Pemerintah Provinsi NTB siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam sinkronisasi program dan anggaran untuk mendukung kegiatan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.
2. Dinas P3AP2KB kabupaten/kota melakukan koordinasi ke Bappeda masing-masing untuk menyiapkan aplikasi ARG, Sehingga anggaran di masing-masing OPD dapat langsung di tandai.
3. Mendorong pembentukan UPTD dan shelter di setiap kabupaten/kota untuk mengoptimalkan penanganan korban tindak kekerasan.
4. Kabupaten/kota melakukan pemetaan kasus sehingga penanganan dapat dilaksanakan secara maksimal dan sebagai acuan dalam perencanaan kegiatan.
5. Dinas P3AP2KB kabupaten/kota agar menginput data kekerasan melalui aplikasi SIMFONI (sistem informasi on line) secara rutin dan tepat waktu.
6. Perencanaan kegiatan PPPA harus sesuai pilar perlindungan yang meliputi pencegahan, penanganan, pemberdayaan dan partisipasi.
7. Kegiatan kewirausahaan tidak tumpang tindih dengan OPD lain karena sasarannya adalah korban dan peka.
8. Kegiatan yang mendukung urusan PPKB antara lain penyusunan GDPK Provinsi NTB yang diharapkan selesai tahun 2021.
9. Mendorong kegiatan Pendewaan Usia Perkawinan dalam upaya mencegah perkawinan anak bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar materi kesehatan reproduksi masuk dalam kurikulum sekolah.
10. Provinsi dan dan kabupaten bekerja sama dalam mengembangkan desa model.
11. Advokasi kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah untuk menetapkan DAK non fisik tidak mengurangi APBD.
12. Adanya kearifan lokal di Kabupaten/Kota Bima yaitu “JOKI CILIK”, penting dikaji terkait pengamanan, asuransi dan sekolahnya.
13. Dalam rangka keterbukaan informasi publik, OPD siap menerima masukan/saran, menginformasikan alamat pengiriman pengaduan dan pastikan alamat rumah aman/shelter tidak untuk diumumkan.(ayu.dp3ap2kb)

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#kotalayakanak
#ntbgemilang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *