Berita,  Bidang Pemenuhan Hak Anak,  DP3AP2KB NTB

Sekolah Ramah Anak sarana mempersiapkan siswa menjadi Generasi Calon Pemimpin

Mataram (19/12/2020) – Sebagai calon penerus pemimpin bangsa, anak-anak harus dipersiapkan menjadi generasi yang unggul, makanya harus diberikan hak-nya sesuai Konvensi Hak Anak agar dapat mengembangkan diri sehingga mampu memenangkan persaingan global.

Untuk itu Sekolah Ramah Anak (SRA) dibentuk untuk menjadi sarana pengembangan diri dan upaya perlindungan untuk mencegah kekerasan, bulying, pelecehan dan pelanggaran hak anak lainnya. 4 hak pokok anak itu adalah hak hidup, tumbuh dan berkembang, hak partisipasi dan hak perlindungan.

Demikian pesan Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM. di SMAN 10 Mataram saat menjadi tamu kehormatan pada acara sosialisasi sekolah ramah anak.

“Sekolah harus menjadi lingkungan yang kondusif dalam belajar sehingga anak-anak mampu mengembangan diri secara menyenangkan dan menggembirakan,”pesan Bunda Eny.

“Kalian juga harus menjadi Pelapor dan Pelopor dari segala bentuk kekerasan dan pelecehan yang terjadi sekolah dan lingkungan masyarakat jangan takut untuk membantu sesame,”lanjutnya.

Bunda Eny juga mengajak dialog para siswa tentang pengalamannya waktu kuliah dan menanyakan cita-cita dan harapan mereka dimasa depan, bagi siswa yang berani tampil ke depan diberi hadiah buku dan cinderamata khusus.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMAN 10 Mataram siap menjadikan sekolahnya ramah anak, siap melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti menata lingkungan sekolah dan WC sekolah agar mudah diawasi dan menjadi lebih aman dan nyaman bagi anak-anak.

Sebagai informasi kegiatan tersebut dihadiri oleh 60 orang yang terdiri dari siswa, perwakilan kepala sekolah SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMKN 3, SMKN 4 dan pengawas sekolah. Hadir juga forum anak Kak Denis dan Kak Ganefo yang mengajak para siswa berbincang seputar pengalamannya dalam menjadi fasilitator perlindungan anak.

Acara yang berlangsung dalam situasi hujan deras tersebut tetap meriah dengan menampilkan lagu sekolah ramah anak oleh vocal group SMAN 10, acara rampung tepat jam 10.00 Wita.(ddt.dp3ap2kb)

#dp3ap2kbntb
#ntbamandanberkah
#kotalayakanak
#ntbgemilang

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *