Berita,  DP3AP2KB NTB,  Sekretariat

Kasus Penelantaran Keluarga oleh Suami berhasil difasilitasi

Mataram (25/08/2020) – Kasus penelantaran keluarga oleh suami sejak bulan Juli 2020 telah diselesaikan oleh Dinas Sosial bersama DP3AP2KB bersama dengan instansi/lemabga terkait.

Kasus KDRT yang menimpa ibu F merupakan salah satu kasus yang sering terjadi di masyarakat yang memerlukan penanganan komprehensif karena masalahnya melibatkan berbagai sektor.

Melalui rumah perlindungan trauma centre (RPTC) Dinas Sosial Provinsi NTB berhasil memfasilitasi kasus korban penelantaran yang sudah berjalan cukup lama yaitu sejak bulan Juni 2020 dimana kasus tersebut dirujuk oleh Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Lombok Tengah ke RPTC Dinas Sosial, selama tinggal di RPTC, korban mendapatkan pelayanan yang ada di RPTC.

Selama masa tersebut, pihak Dinas Sosial berusaha mencari jalan keluar dengan berkoordinasi dengan lembaga terkait. Masalah tersebut menemukan titik terang diawal tahun 2021 dengan adanya kesepakatan dari instansi terkait untuk memfasilitasi korban dengan disiapkan tempat tinggal di desa Sukarare, untuk kebutuhan sehari-hari selama belum mampu mandiri akan dibantu pihak kelurahan, sedangkan untuk sekolah anak ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah.

Selama belum bisa mandiri, pemerintah memberikan pelatihan usaha ekonomi kreatif yaitu laundry, membuat kue dan lainnya. Lembaga Perlindungan Anak membantu dalam mengawasi proses perceraiannya.(heni.uptd-ppa)

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *