Berita,  Bidang Kesetaraan Gender & Kualitas Keluarga,  DP3AP2KB NTB

NTB Ikuti Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021

Mataram (16/03/2021) – Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya melaksanakan Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

“Sejak 2004, Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Penghargaan APE terdiri dalam 4 (empat) kategori, yakni Pratama, Madya, Utama kategori tertinggi Mentor. Pemberian penghargaan APE merupakan rangkaian Peringatan Hari Ibu Internasional (PHI) yang jatuh pada tanggal 10 Mei 2021.

Provinsi NTB tahun 2021 mengikuti proses penilaian APE, ditunjukkan dengan pelaksanaan verifikasi lapangan pada tanggal 16 Maret 2021 dengan menggunakan metode daring. Verifikasi merupakan proses validasi data yang sudah diinput oleh daerah dalam memenuhi persyarakat penilaian APE. Secara antusias Asisten 1 Setda Provinssi NTB Baiq Eva Nurcahyaningsih mengutarakan kegembiraannya karena pembangunan di daerahnya sudah mengakomodir PUG dengan dimasukkannya dalam RPJMD 2019 – 2023.

“Saya berharap NTB tahun 2021 ini berhasil menyabet APE seperti pada tahun 2014, cukup kategori Pratama saya kira sebagai langkah awal yang baik,”ujar Baiq Eva Nurcahyaningsih.

“Melalui pemberian penghagaan APE ini saya berharap semakin memotivasi pemerintah daerah dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua,” tambahnya.

Selanjutnya Baiq Eva memberi pesan kapada semua stakeholder untuk terus berkreasi bagi pembangunan perempuan dan anak di NTB. Beliau berharap semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban amanat untuk menjadikan perempuan dan anak NTB berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas.(desi.dp3ap2kb)

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *