Bidang Kesetaraan Gender & Kualitas Keluarga,  DP3AP2KB NTB

Survey Kualitas Keluarga Untuk Memotret Kualitas Keluarga Indonesia


Jakarta(30/03/2021) – Kementerian PPPA sedang menyusun Indikator Kualitas Keluarga dalam rangka mengetahui kualitas keluarga di Indonesia, terlebih adanya Pandemi Covid 19 saat ini menjadi ujian bagi ketahanan keluarga di Indonesia.
Pandemi Covid 19 adalah salah satu ujian sejauh mana ketahanan keluarga dapat bertahan dari secara fisik, psikologi, ekonomi dan sosial budaya. Ketahanan keluarga menggambarkan dinamika keluarga dari aspek kesejahteraan, selanjutnya menggambarkan perkembangan pembangunan sosial saat ini.

Secara khusus tujuan survei adalah untuk mengetahui landasan legalitas, keutuhan keluarga, kondisi ketahanan fisik, kondisi ketahanan ekonomi ketahanan sosial psikologi dan ketahanan sosial budaya.
Indikator yang diukur pada Survei Kualitas Keluarga ini mencakup Indikator Ketahanan Keluarga, Indikator Perlindungan Anak, Indikator Kesetaraan Gender dan I-Bangga.
Sebagai tahap awal dilaksanakan sosialisasi melalui platform daring Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, kegiatan dibukan oleh Asisten Deputi Bidang Peningkatan Partisipasi Keluarga dengan Narasumber Ibu Herien Puspitawati.
Maksud sosialisasi adalah untuk mengenalkan metode survei kualitas keluarga Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 kepada instansi yang membidangi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di seluruh Indonesia, yang nantinya hasil survei menjadi baseline data IKK di provinsi dan kabupaten/kota.
Survei dilaksanakan dengan mengambil sampel/responden minimal 35 orang dengan kriteria telah ber keluarga (suami dan istri dengan atau tanpa memiliki anak).
Responden yang berpartisipasi dalam survei dapat mengakses laman: http://bit.ly/SurveiKualitasKeluarga2021 dengan periode survei 17 Maret sampai 30 April 2021.

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *