SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI NTB.   JADILAH PELOPOR YANG MEMUTUS MATA RANTAI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK SEKARANG JUGA
Berita

Semua OPD Harus Berpredikat Informatif Pada Tahun 2021

Mataram (03/05/2021) – Mengacu pada UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik seharusnya semua OPD menjadi Badan Publik yang Informatif,artinya menjamin akses informasi yang terbuka, transparan dan akuntabel untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Demikian ungkap Kepala Dinas Kominfotik Dr. Najamuddin Amy, S.Sos.MM. dihadapan 30 peserta diklat Jurnalistik yang diadakan oleh Dinas P3AP2KB Provinsi NTB bekerjasama dengan Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI).

“Saya menargetkan semua OPD harus menjadi badan publik informatif tahun 2021 sebagai cerminan penyelenggaraan tata kelola pemerintah yang baik dan sebagai implementasi dari misi pemerintah provinsi yaitu bersih dan melayani,”ujar Bang Najam.

“Apresiasi saya berikan kepada Dinas P3AP2KB yang telah berhasil naik peringkat dari OPD tidak informatif pada tahun 2019 (nilai dibawah 30) menjadi OPD Cukup Informatif (nilai 79,9) pada tahun 2020, sebuah kemajuan yang signifikan disaat situasi Pandemi Covid 19, mudahan pada tahun 2021 menjadi lebih baik lagi,”lanjut Bang Najam.

Selanjutnya Bang Najam menceritakan apresiasi pemerintah pusat melalui Kementerian PPPA R.I. baru-baru ini yang memberikan penghargaan kepada Gubernur NTB atas prestasi keterbukaan informasi dengan disahkannya Perda Pencegahan Perkawinan Anak sebagai respon cepat pemerintah terhadap meledaknya kasus perkawinan anak di saat Pandemi Covid 19 ini. Beliau menugaskan stafnya untuk mengawal DP3AP2KB secara khusus menuju Badan Publik Informatif.

Secara terbuka Bang Najam juga berterima kasih kepada PPPKMI NTB yang telah bersinergi dengan pemerintah untuk mengawal keterbukaan informasi publik melalui diklat Jurnalistik untuk menyiapkan SDM unggul dalam mengembangkan media yang kreatif, inovatif dan kredibel.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas P3AP2KB Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM menitip pesan kepada para peserta latih agar belajar sungguh-sungguh agar mendapatkan manfaat dari para narasumber demi mendukung tugasnya mengabarkan berita baik kepada masyarakat.

“Hak masyarakat mendapatkan informasi yang baik dijamin oleh negara sesuai Undang-undang, untuk itu kita wajib belajar agar mampu menyajikan informasi yang mencerahkan dan berguna bagi masyarakat,”pesan Bunda Eny.

“Isu perkawinan anak yang sedang menjadi trending topic disaat Pandemi Covid 19, saya harapkan mampu disajikan dan dikemas dengan baik untuk mencerahkan pandangan masyarakat bahwa hal tersebut melanggar hak anak yang harus dilindungi agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan mampu berpartisipasi dalam pembangunan,untuk itu mari kita bergandengan tangan mencegah terjadinya perkawinan anak,”tutup Bunda Eny. (ddt.dp3ap2kb)

Berbagi Kebaikan Melalui SOSMED

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *