SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI NTB.   JADILAH PELOPOR YANG MEMUTUS MATA RANTAI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK SEKARANG JUGA
Berita

WAGUB NTB LOUNCHING 63 POSYANDU KELUARGA DI KECAMATAN KURIPAN LOMBOK BARAT

Lobar – Sebanyak 63 Posyandu Keluarga yang berada di wilayah Kecamatan Kuripan di Lounching oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. bersama Bupati Lombok Barat. (Lobar, 23 Juni 2021).

Pada kesempatan tersebut Wagub menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat beserta seluruh jajaran dan elemen masyarakat yang telah berkomitmen dalam mengembangkan Posyandu Konvensional menjadi Posyandu Keluarga. “Pemerintah Provinsi akan mendukung sepenuhnya sesuai porsi kewenangan yang dimiliki antara lain dengan penerbitan kebijakan yang mengharuskan Kepala Desa untuk memberikan insentif bagi kader, penyiapan kelengkapan posyandu, pemberian makanan tambahan yang bersumber dari dana desa” ungkap Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub NTB.
Wagub berharap dengan Revitalisasi Posyandu Keluarga diharapkan sebagian permasalahan kesehatan balita, remaja dan lansia, serta permasalahan sosial seperti buruh migran, narkoba, pernikahan usia muda dapat mudah dipotret atau diidentifikasi, dan lebih mudah mengatasinya karena program ini adalah berbasis dusun.
Bupati Lobar Drs. H. Fauzan Khalid menjelaskan, Posyandu adalah sebuah program yang dimulai pada masa orde baru yang sempat terlupakan pada awal masa reformasi, namun sesungguhnya mempunyai peranan dan manfaat yang sangat besar dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Sebuah program yang berasal dari, oleh dan untuk masyarakat.
Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat bersama seluruh elemen masyarakat bertekad pada akhir tahun 2021 seluruh posyandu akan menjadi Posyandu Keluarga. Untuk mendukung kegiatan ini telah disiapkan dana untuk masing-masing posyandu sebesar 5 juta rupiah namun karena tahun ini akibat adanya kebijakan recofusing anggaran maka yang bisa tercover baru 50%, ungkap Bupati Lobar.
“Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Lobar akan membagi tugas untuk turun secara langsung ke seluruh posyandu untuk memberikan motivasi dan memperlihatkan bahwa posyandu keluarga ini adalah program yang sangat urgen” lanjut Fauzan.
Posyandu ke depan akan terus kita revitalisasi dengan berbagai pelayanan seperti minggu kemarin telah ditanda tangani MoU antara Ketua Tim Penggerak PKK dengan Kepala Dukcapil Kabupaten Lobar untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan di masing-masing Posyandu.
Bupati Lobar menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran Ibu Wakil Gubernur NTB pada acara launching posyandu ini, dan kehadiran Wagub akan menjadi bagian motivasi yang bisa menggerakkan kami, khususnya anggota posyandu keluarga di Lombok Barat untuk lebih berupaya dalam program Revitalisasi Posyandu Keluarga.
Pada kegiatan Lounching Wakil Gubernur NTB didampingi

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala PMPD Capil, Kepala Dinas P3AP2KB, Kepala Biro Kesra Setda Prov. NTB. (Soel_Kesra)
#ntbgemilang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *