DRPPA Wujudkan Perempuan Berdaya dan Perlindungan Anak di desa

Kepedulian pemerintah semakin besar pada perempuan dan anak, pada tahun 2022 dengan Program/kegiatan Desa Ramah Perempuan Peduli Anak.
Rapat secara daring di gelar Kemen PPPA RI dengan 6 Provinsi dan 13 Kabupaten yg menjadi lokus.
Deputi Kesetaraan Gender KPPPA ibu Lenny menjelaskan, DRPPA dilaksanakan berdasarkan MoU antara Kementeriaan PPPA RI. dan Kemendes RI. serta 5 Arahan Presiden.

Ibu Lenny juga mengatakan bahwa dampingan Deputi KG meliputi 6 Provinsi yaitu Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan NTB. Pada tahun 2021 hanya Provinsi NTB yang mendapat dampingan yaitu 2 Desa di KLU, pada tahun 2022 berkembang menjadi 4 desa di Lombok Tengah dan Lombok Barat.
DRPPA adalah pembangunan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan, dimana kementerian dan pemda berbagi peran didalamnya.
Tindak lanjut dari rapat ini diharapkan kabupaten menunjuk 2 desa lokus dengan kriteria prioritas pada kepala desa perempuan dan anggaran desanya peduli kesetaraan gender.[nung.dp3ap2kb]
#PerempuanBerdayaAnakTerlindungi
#NTBGemilang
#IndonesiaMaju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.