Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Provinsi NTB Tahun 2021

Selasa, 12 Oktober 2021 — Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Provinsi NTB dilaksanakan di Desa Boke, Kecamatan Sape Kabupaten Bima.
“Peran Pokjanal dan Pokja Posyandu selaku Pembina Posyandu, dimana di Kabupaten Bima telah 100% Pokja Posyandu Desanya terbentuk, melalui Dana Desa program-program yang ada di Desa dapat dikelola termasuk pembiayaan untuk Kegiatan Revitalisasi Posyandu. Apalagi melalui pendataan SDG’s sebagai sumber data, salah satu kegiatan yang perlu diprioritaskan adalah Posyandu Keluarga”. Hal ini disampaiakan oleh Dr. H. Ashari, SH. MH kepala Dinas PMPD DUKCAPIL NTB selaku Ketua Tim Penilai.

Saat ini Pemerintah Provinsi sudah membuat Peraturan Gubernur Tentang Revitalisasi Posyandu serta memfasilitasi penyusunan draft 4 Perdes dan 4 Perkades. Hal ini dapat menjadi pedoman di Desa untuk perencanaan pembangunan kedepannya.
Disamping itu juga ada Aplikasi SIP ( Sistim Informasi Posyandu) Berbasis Website sebagai alat pelaporan kegiatan Posyandu dan konvergensi kegiatan lainnya.
Ditempat yang sama, Asisten III Kabupaten Bima mengatakan terkait peranan Kabupaten yang telah dilakukan Melalui Dinas PMD Kabupaten telah difasilitasi proses pembentukan dan pembinaan kepada Pokja Posyandu Desa, Kader Pembangunan Manusia dan Sistim Informasi Posyandu Berbasis Website.

Selanjutnya Tim Penilai didampingi OPD lingkup Kabupaten melakukan penilaian lapangan dengan melihat pelaksanaan Posyandu Keluarga yang terintegrasi dengan Kegiatan lainnya seperti PAUD, BKB, BKL, BKR, Pengelolaan Sampah dll serta melaksanakan wawancara dengan Kader, Masyarakat dan unsur lainnya.
Sebagai Informasi Tim Penilai terdiri dari unsur DPMPD DUKCAPIL, DIKES, DP3AP2KB dan TP PKK Provinsi NTB.
#dp3ap2kbntb
#revitalisasiposyandu
#ntbgemilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.