Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi NTB tahun 2023

Mataram, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Nusa Tenggara Barat Dra. T. Wismaningsih Drajadiah menghadiri kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi NTB tahun 2023 yang bertempat di Hotel Lombok Raya.

Asisten Administrasi Umum mewakili Sekretaris Daerah Provinsi NTB membuka acara secara resmi yang di hadiri oleh Kepala Bappeda, Seluruh Kepala OPD dan Perwakilannya.
Dalam sambutannya, Dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., MPH. menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi NTB tahun 2023 yang di koordinasikan oleh Bappeda hari ini adalah awal dalam melakukan sinergi dan harmonisasi Perencana Daerah dengan Pemerintah Pusat, selanjutnya secara teknis dengan Perangkat Daerah lingkup Provinsi NTB dan para pemangku kepentingan lain yang hadir pada saat ini. Musrenbang ini digulirkan secara bertahap untuk mendapatkan RKPD Provinsi NTB tahun 2023 yang baik.
Sementara, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi. M,Si. Mengatakan terdapat empat pendekatan dalam perencanaan pembangunan, salah satunya partisipatif. Untuk itu, acara hari ini merupakan salah satu usaha untuk mencapai proses penyusunan kebijakan publik yang partisipatif. diantara 103 Indikator Kinerja Daerah (IKD), 31 diantaranya tidak tercapai. Paling banyak ada di Aspek Pelayanan Umum, salah satunya tidak mencapai SPM (Standar Pelayanan Minimal) bidang kesehatan.
Untuk itu arah kebijakan NTB untuk tahun 2023 adalah; 1) Penanganan pemulihan covid-19, 2) Percepatan penurunan kemiskinan, 3) Peningkatan kualitas SDM, Kesehatan, Pendidikan 4) Pengembangan industrialisasi dan ekonomi kreatif, 5) Perluasan lapangan kerja, 6) Pengembangan ekonomi hijau, biru, sirkular, 7) Pembangunan infrastruktur layanan dasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *