Anak Kembar Siam Pertama di NTB berhasil dipisahkan dengan Sukses

Jurit Pringgasela Lotim, (04/07/2022)– Kondisi Anaya dan Inaya bayi Kembar Siam (dempet) pertama asal Nusa Tenggara Barat berhasil dipisahkan melalui operasi yang dilaksanakan di RSUD dr. Soetomo Surabaya.
Proses persiapan sampai selesai memakan waktu kurang lebih 5 bulan sejak bulan Januari sampai dengan Juli, sedangkan pelaksanaannya melibatkan 40 dokter spesialis dan proses operasi sendiri berjalan dengan lancar. Menurut Humas RSUD dr. Soejono Selong Rahmat kasus kembar Siam asal NTB tersebut merupakan kasus ke- 104 yang ditangani oleh RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

“Saat ini si Kembar Anaya dan Inaya dalam keadaan sehat wal afiat dan sedang menjalani proses penyembuhan dalam pengawasan tim RSUD dr. Soejono Selong Lombok Timur, sedangkan supervisi dan Konsultasi secara online tetap dilakukan dengan RSUD dr. Soetomo Surabaya,”tutur Rahmat.
“Kondisi kembar Siam sudah terdeteksi sejak masa kehamilan melalui pemeriksaan USG, sejak saat itu kami sudah mempersiapkan proses kelahiran secara matang mengingat kasus ini baru pertama terjadi dan memiliki risiko besar,”lanjut Rahmat.
Diceritakan lebih lanjut oleh Rahmat, bahwa persiapan operasi memakan waktu 16 hari sejak 31 Januari 2022 dan operasi Caesar dilaksanakan 15 Februari 2022. Untuk operasi pemisahan tidak dapat langsung dilakukakan harus menunggu si kembar berusia 2,5 tahun.
Biaya operasi tersebut didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *