Koneksi Posyandu Keluarga menuju Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA)

Tanjung, (12/07/2022) – Posyandu Keluarga sebagai pusat edukasi dapat mengintegrasikan hak perempuan dan anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.
Posyandu keluarga dapat menjadi kunci dalam menurunkan angka stunting, kemiskinan, perkawinan anak dalam mewujudkan Kabupaten Lombok Utara menuju Kabupaten Layak Anak (KLA).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Jenggala, Fakhruddin menjelaskan bahwa Desa Jenggala dalam rangka mndukung Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) tetap konsisten mngajak perempuan dan anak dalam membangun desa.

Saat ini Pemdes Desa Jenggala telah membentuk beberapa kelompok pemberdayaan perempuan dan anak diantaranya sekolah perempuan, forum anak desa, forum petani milenial, perempuan nelayan, dan pahlawan pangan desa.
Desa Jenggala dalam mewujudkan DRPPA sudah mlakukan beberapa langkah yaitu Membentuk Peraturan Desa tentang DRPPA, Membentuk Pengorganisasian perempuan dan anak dan sedang membentuk Data terpilah prempuan dan anak.

Sementara, Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB, Dra. T. Wismaningsih Drajadiah dalam arahannya mengatakan Alhamdulillah Desa Jenggela beruntung menjadi desa pilot project DRPPA, dengan dibentuknya DRPPA di desa jenggala bisa menjadi contoh untuk desa-desa lain. forum anak bisa dimaksimalkan dalam mendukung DRPPA melalui posyandu keluarga.
Di meja konsultasi keluarga diharapkan peran forum anak menjadi pelopor dan pelapor, selain itu peran mahasiswa yang KKN juga bisa dilibatkan dalam sosialisasi pencegahan perkawinan anak, menjadi pelopor dan pelapor terkait permasaalahan perempuan dan anak, dan mencermati permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

Sebagai informasi, kegiatan Sosialisasi Advokasi Rembug Desa dalam mewujudkan DRPPA ini di inisiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dilaksanakan di 2 Desa di Kabupaten Lombok Utara yaitu Desa Jenggala dan Desa Teniga. (ddk.dp3ap2kb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.