DP3AP2KB Raih Predikat INFORMATIF pada gelaran Keterbukaan Informasi Publik 2022

Mataram (19/12/2022)—Akhirnya DP3AP2KB Provinsi NTB Berhasil Meraih Predikat “Informatif”
Predikat Informatif cukup prestisius bagi Dinas Permberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengingat ketatnya persyaratan peniaian.
Capaian tersebut mentasbihkan DP3AP2KB sebagai salah satu badan publik yang terbuka dan mudah diakses sesuai dengan UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana pada masa sekarang KIP merupakan salah satu pilar Demokrasi dan Pembangunan.
Wakil Gubernur NTB Dr. Hj.Sitti Rohmi Djalilah mengutarakan KIP bukan lagi keharusan tapi merupakan kebutuhan setiap instansi dalam misi melayani masyarakat.
“Semua harus terbuka kalo mau maju karena era saat ini adalah keterbukaan, semua harus transparan, NTB sendiri dalam 4 tahun terakhir selalu meraih 5 besar tingkat nasional,”tambah Ummi Rohmi.
“Keterbukaan komunikasi 2 arah kita butuhkan dalam melayani masyarakat, karena kita membangun untuk masyarakat, maka partisipasi dan kontrol mereka sangat berguna dalam mencapai keberhasilan pembangunan,”tambah Ummi Rohmi.
Lebih lanjut Ummi Rohmi meminta kepada seluruh instansi, lembaga,OPD dan instasi pemerintah daerah menjunjung tinggi KIP, karena semua masyarakat mengawasi, semakin terbuka, semakin semakin memudahkan masyarakat berkontribusi dalam pembangunan, untuk itu akses harus diberikan.
Sementara itu sebelumnya Ketua KI Provinsi NTB Suaeb Qury S.HI. melaporkan gelaran KIP tahun 2022 yang diikuti oleh berbagai lembaga dan instansi pemerintah, mulai dari Instansi vertikal, KPU kabupaten/kota, pemerintah kabupaten/kota, pemerintah desa serta OPD lingkup prpvinsi.
Suaeb Qury mengutarakan rasa gembiranya karena semakin hari semakin menunjukkan tinggijya gairah dalam menjalankan Keterbukaan Informasi Publik oleh badan publik. Suaeb Qury lantas menjelaskan progres gelaran KIP seiak 4 tahun terakhir, dimana tahun 2022 jumlah badan publik yang berpredikat Informatif semakin menunjukkan peningkatan, khusus OPD lingkup provinsi sebanyak 36 telah meraih predikat badan publik Informatif, data tersebut makin menguatkan indikasi keberhasilan misi pembangunan dalam mencapai NTB Gemilang.(ddt.dp3ap2kb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *