FASILITASI PEMBENTUKAN SEKOLAH PEREMPUAN DI DESA RARANG SELATAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Jum’at 3/05/2024. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi NTB dalam kesempatan ini di wakili Bidang KHP (Kualitas Hidup Perempuan) memfasilitasi pembentukan Sekolah Perempuan yang bertempat di Aula Kantor Desa Rarang Selatan, Mei/03/2024 mulai jam 09.00 s/d 12.00.

Hadir sebanyak 25 orang perempuan yang terdiri dari unsur kader, PKK, tokoh perempuan, perempuan korban kekerasan/perkawinana anak, perempuan korban KDRT serta ibu rumah tangga menghadiri rapat tersebut.

Rapat fasilitasi pembentukan Sekolah Perempuan dibuka oleh Kepala Desa Rarang Selatan Herman Jayadi S.Pd didampingi Sekdes, Kabid Kualitas Hidup Perempuan Provinsi NTB beserta tim, Kabid Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB Lotim, serta 2 orang Pembina Sekolah Perempuan LPSDM.

Herman Jayadi S. Pd sangat berharap dengan dibentuknya Sekolah Perempuan di wilayah desanya dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan desa khususnya meingkatkan SDM Perempuan dalam memahami cara mencegah perkawinan anak yang semakin marak di desa, solusi mengatasi kekerasan terhadap perempuan, mencegah ekploitasi pekerja anak dan menumbuhkan keberanian perempuan untuk bersuara dalam menyampaikan aspirasinya di desa.

Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala desa, terungkap bahwa masih banyak terjadi perkawinan di bawah umur tetapi data secara tertulis tidak tersedia, sehingga harapannya pengurus maupun anggota sekolah perempuan dapat mendata secara tertulis jumlah kasus perkawinan anak, membentuk relawan pendamping korban kekerasan terhadap perempuan dan anak, terlibat dalam Musrenbang desa menyampaikan aspirasi perempuan, dapat menghadirkan penyuluh kesehatan khususnya kesehatan reproduksi dan dampak psikologis korban kekerasan.

Pada kesimpulannya, akan ada tindak lanjut dari rapat pembentukan sekolah perempuan tahap pertama, kemudian direncanakan FGD pembentukan pengurus sekolah perempuan yang akan didampingi oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan Kab. Lombok Timur serta LPSDM, modul Sekolah Perempuan akan difasilitasi oleh LPSDM, secara administrasi kades memberi dukungan penuh dan siap memfasilitasi kegiatan sekolah perempuan kedepan.

Satu tanggapan untuk “FASILITASI PEMBENTUKAN SEKOLAH PEREMPUAN DI DESA RARANG SELATAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *