Jadi Narasumber Moderasi Beragama, Kepala DP3AP2KB Sampaikan Indahnya Toleransi di NTB

Mataram – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi NTB, Dra. Nunung Triningsih, MM menghadiri Seminar Penguatan Moderasi Beragama di Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Senin (29/04/2024).

Seminar yang bertemakan ‘Perempuan Aktor Ketahanan Keluarga Dalam Mengadopsi Nilai Beragama Untuk Mewujudkan Keluarga Sukinah’ diikuti oleh 70 peserta dari berbagai organisasi wanita di NTB.

Pada kesempatan ini, Kepala DP3AP2KB menyampaikan bahwa moderasi beragama di NTB berjalan dengan baik, saling menghargai dan kerukunan antar umat beragama tercermin dalam bingkai toleransi yang indah.

“Moderasi beragama di NTB ini sangat bagus, hubungan antara umat beragama sangat harmonis, apa lagi saat-saat hari besar,” ungkap Kepala DP3AP2KB.

Ibu Nunung, sapaan akrabnya menjelaskan perempuan memiliki peran penting dalam Moderasi Beragama, yakni perempuan yang menjadi seorang ibu, adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Jadi, pelajaran Moderasi Beragama dapat ditanamkan sejak dini kepada anak, oleh seorang ibu.

Namun dikatakannya, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh para kaum hawa, untuk memperoleh perhatian dan kepercayaan dalam berbagai bidang, untuk berperan setara dengan laki-laki.

“Kita masih memiliki tantangan seperti, ketidakadilan gender, kualitas hidup perempuan masih dibawah laki2, hingga kurangnya pemahaman tentang gender dan moderasi beragama di masyarakat,” terangnya.

Oleh sebab itu, Ibu Nunung meminta kepada para peserta untuk melakukan sosialisasi aktif tentang kesetaraan gender dlm segala bidang, dalam arti saling melengkapi antara laki-laki dan perempuan, bukan bersaing ataupun ingin mengalahkan satu sama lain.
Diakhir paparannya, bu Nunung menyampaikan bahwa dlm mewujudkan moderasi beragama peran strategis perempuan jg sangat didukung oleh peran laki2 krn perempuan dan laki2 saling melengkapi.

Satu tanggapan untuk “Jadi Narasumber Moderasi Beragama, Kepala DP3AP2KB Sampaikan Indahnya Toleransi di NTB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *